Tuesday, September 8, 2015

XAMPP

11:36 PM -

XAMPP adalah sebuat software open source atau bebas. Yang bisa digunakan di berbagai Sistem Operasi. XAMPP merupakan kompilasi dari beberapa Program.
XAMPP dikembangkan dari sebuah tim proyek bernama Apache Friends, yang terdiri dari Tim Inti (Core Team), Tim Pengembang (Development Team) & Tim Dukungan (Support Team)

Apa sebenarnya fungsi XAMPP?
XAMPP befungsi sebagai software offline atau yang biasa disebut localhost. XAMPP terdiri dari beberapa progam yaitu Apache HTTP Server, MySQL Database, PHP, dan Perl. XAMPP merupakan web server yang mudah digunakan dan dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Sobat bisa mendownload nya secara gratis karena program ini tersedia dalam GNU General Public License, nanti akan saya berikan link downloadnya di akhir post.

Kenapa sih disebut XAMPP?
XAMPP  sebenarnya adalah singkatan dari:

X : Maksudnya program ini bisa dijalankan di banyak OS seperti Windows, Linux, Mac OS, dan Solaris.

A : Singkatan dari Apache yang merupakan aplikasi web server yang berfungsi menampilkan (menerjemahkan) kode PHP yang ditulis oleh Programmer atau pembuat halaman web.

M : MySQL merupakan aplikasi database server yang berfungsi untuk membuat dan mengelola database beserta isinya, misalnya  menambah, mengubah, menghapus data dalam database.

P : PHP, seperti yang sudah saya jelaskan pada post saya sebelumnya PHP adalah bahasa pemrograman web berbasis server (server-side) yang memungkinkan sobat membuat halaman web yang dinamis.

P : Perl adalah bahasa pemrograman untuk segala keperluan, yang dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall di mesin Unix dan dirilis pertama kali pada tanggal 18 Desember 1987.

Sekian pembahasan kita mengenai XAMPP. Sobat bisa mendownload program tersebut di web resminya di https://www.apachefriends.org/download.html

Untuk tutorial instalasinya silahkan klik disini

Source: Wikipedia

0 comments:

Post a Comment